Tuesday, April 16, 2013

'KACA MATA'  LAIN PUBLIC TRANSPORTATION

mari berkaca pada pihak management


Sering kita menilai bahwa Public Transport di Jakarta memang kurang memiliki layanan yang memuaskan. Masyarakat dengan mudah mengungkapkan kekecewaan yang dirasakan. Tetapi itu semua adalah hal-hal yang kita rasakan pada posisi pengguna jasa. Namun, apakah kita pernah mencoba untuk melihat hal tersebut dari perspektif lain yakni dari pihak management?

Secara keseluruhan kondisi Public Transport memang masih jauh dari kata “baik & memuaskan”. Tetapi bukan berarti itu menjadi poin yang dapat dijadikan alasan untuk ‘menghakimi’ bahwa public transport Jakarta buruk dan tidak mematuhi aturan/kebijakan yang dijalankan. Pada dasarnya setiap organisasi akan melakukan usaha terbaiknya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna sekaligus bukti bahwa ada perubahan yang dilakukan untuk lebih baik.

Sama halnya dengan management Public Transport Jakarta(Tranjakarta & KAI), mereka juga berusaha melakukan perubahan untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Lihat saja revitalisasi armada Transjakarta di beberapa koridor yang sudah mengalami perbaikan sehingga penumpang bisa sedikit merasa nyaman ataupun penggunaan e-ticketing sehingga tidak perlu mengantri beli karcis. Begitu pula dengan KAI( commuter line) yang memulai untuk menggunakan kartu elektronik sekali jalan untuk mempermudah perjalanan commuter. Memang pelaksanaan yang dilakukan masih kurang, TETAPI itu semua adalah proses untuk perbaikan pelayanan. Semua kebijakan yang dibuat dan dilaksanakan bukan yang tanpa perencanaan, tetapi mereka pasti melihat kondisi nyata yang terjadi dilapangan ataupun berita-berita terkait usaha mereka. Semua kebijakan tersebut dilakukan untuk pemenuhan kepuasan penumpang jasa public transport.

Sebagai masyarakat yang menggunakan jasa public transport, kita perlu mengambil bagian untuk mendukung kebijakan tersebut. Namun, pada kenyataannya kita masih kurang Pro terhadap semuanya itu. Setiap kebijakan baru yang keluar, masyarakat sedikit-banyak memiliki pandangan pesimis akan pelaksanaan tersebut. Jika kita berpikir seperti itu, maka itulah yang akan terjadi. Cara sederhana adalah dengan membeli tiket, antri sesuai aturan , dan melakukan hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan sebagai pengguna jasa tersebut. Bersikap kooperatif & sabar perlu dilakukan! Butuh waktu yang lama untuk melakukan perubahan. Jadilah pengguna jasa yang tahu aturan walaupun dari pihak pelaksanaan masih kurang kooperatif.



No comments :

Post a Comment